Search

Di depan Ahok, Dirut Nicke Widyawati Pidato soal PR Pertamina - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkap lima pekerjaan rumah (PR) perusahaan yang harus segera diselesaikan. Hal itu disampaikan Nicke di hadapan Menteri ESDM Arifin Taslim dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di acara Pertamina Energy Forum 2019.

PR pertama, kata Nicke, terkait ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri yang masih dipenuhi impor. "Sejujurnya, kami masih harus sebagian impor karena belum mampu mencukupi kebutuhan sendiri," ujarnya, Selasa (26/11).

PR kedua, yaitu akses. Memang, berbagai infrastruktur sudah dibangun pemerintah dan perusahaan minyak nasional, namun kebutuhan energi bagi 70 ribu desa di Indonesia masih belum sepenuhnya terjangkau dari sisi akses.

"Ini masih jadi tantangan karena punya 70 ribu desa. Tapi, ketersediaan energi belum sepenuhnya terpenuhi dan rasio elektrifikasi yang belum 100 persen," imbuh Nicke.

PR ketiga, keterjangkauan harga. Nicke menuturkan kebijakan BBM Satu Harga sedang diterapkan. Tetapi, itu pun belum menyeluruh ke wilayah-wilayah di Indonesia.

PR Keempat, lanjut Nicke, penerimaan sumber energi. Hal ini berkaitan dengan pemenuhan target bauran energi sebesar 23 persen dari energi terbarukan.

Pemerintah sendiri sudah melangsungkan kebijakan pencampuran minyak nabati pada BBM alias biodiesel. Namun, itu pun belum cukup. Begitu pula dengan penggunaan energi dan panas bumi lainnya.

"Artinya, kita harus mencari sumber energi terbarukan. Kita lihat CPO terdapat banyak di Sumatera, maka perlu bangun bio refinery di sana. Lalu, batu bara di Sumatera Selatan, maka bangun coal grasifikasi di sana," tandas Nicke.
[Gambas:Video CNN]


(uli/bir)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
November 26, 2019 at 12:04PM
https://ift.tt/2siuLbn

Di depan Ahok, Dirut Nicke Widyawati Pidato soal PR Pertamina - CNN Indonesia
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Di depan Ahok, Dirut Nicke Widyawati Pidato soal PR Pertamina - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.