Search

Larangan Mudik, Angkasa Pura II "Banting Setir" ke Angkutan Kargo - Kompas.com - KOMPAS.com

TANGERANG, KOMPAS.com - Setelah keluar larangan operasional penerbangan penumpang domestik, PT Angkasa Pura II (Persero) banting setir membidik bisnis pengelolaan kargo di bandara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, kargo bandara menjadi salah satu sumber pendapatan utama perseroan pada tahun ini di tengah turunnya lalu lintas penerbangan penumpang.

Ia menambahkan, sejumlah maskapai penumpang telah menginformasikan pengajuan extra flight untuk penerbangan kargo di sejumlah bandara perseroan.

Baca juga: Sejumlah Maskapai Masih Beroperasi di Masa Larangan Mudik untuk Angkutan Kargo

“Indikasinya memang maskapai yang mengoperasikan pesawat penumpang kini semakin fokus di bisnis kargo," kata Awaluddin dalam keterangan tertulis, Minggu (26/4/2020).

Beberapa maskapai tersebut, kata Awaluddin, memaksimalkan utilisasi pesawat penumpang dengan mengangkut kargo di tengah pandemi Covid-19.

“Mungkin jika kargo bisa diimuat di kabin pesawat maka itu akan mempercepat loading dan unloading dibandingkan dengan jika kargo dimuat di lambung pesawat. Itu membuat keseluruhan proses menjadi lebih cepat,” ujar Awaluddin.

Adapun bandara PT Angkasa Pura II yang melayani penerbangan pesawat penumpang untuk dioperasikan khusus mengangkut kargo.

Beberapa di antaranya Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Supadio (Pontianak), Husein Sastranegara (Bandung), dan Kualanamu (Deli Serdang).

“Jenis kargo yang diangkut saat ini misalnya saja untuk pengiriman e-commerce, berbagai peralatan dan perlengkapan penting di tengah pandemi, alat kesehatan dan lain sebagainya,” ujar Awaluddin.

Sepanjang Kuartal I tahun 2020, volume angkutan kargo di 19 bandara PT Angkasa Pura II tercatat rata-rata sekitar 62.000 ton per bulan. Adapun di Soekarno-Hatta sendiri volume kargo rata-rata mencapai 42.500 ton per bulan.

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
April 26, 2020 at 08:26PM
https://ift.tt/2VZyyFF

Larangan Mudik, Angkasa Pura II "Banting Setir" ke Angkutan Kargo - Kompas.com - KOMPAS.com
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Larangan Mudik, Angkasa Pura II "Banting Setir" ke Angkutan Kargo - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.