Search

Rupiah Terlemah di Asia, Padahal Tetangganya 'Pesta' - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Maklum, rupiah memang rentan tersandung karena sudah lari begitu cepat.

Pada Senin (27/4/2020), US$ 1 setara dengan Rp 15.405 kala pembukaan pasar spot. Rupiah melemah 0,36% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Sepanjang pekan lalu, rupiah menguat 0,32% di hadapan dolar AS secara point-to-point. Meski penguatannya relatif terbatas, tetapi rupiah sudah mampu menjadi mata uang terbaik kedua di Asia.


Rupiah layak mendapat gelar sebagai penguasa April, karena pada bulan ini mata uang Tanah Air begitu perkasa. Sejak awal April hingga akhir pekan kemarin, apresiasi rupiah di hadapan greenback mencapai 5,83%.

Namun penguatan yang sudah sangat tajam ini membawa konsekuensi bahwa rupiah bakal rawan terpeleset. Akan datang saatnya di mana investor merasa keuntungan yang didapat dari rupiah sudah lumayan tinggi, sehingga menggoda untuk dicairkan.

Rupiah rawan terserang koreksi teknikal karena aksi ambil untung (profit taking). Ketika ini terjadi, rupiah tidak punya pilihan selain melemah.



Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
April 27, 2020 at 09:17AM
https://ift.tt/3ePVQq6

Rupiah Terlemah di Asia, Padahal Tetangganya 'Pesta' - CNBC Indonesia
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Terlemah di Asia, Padahal Tetangganya 'Pesta' - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.