Search

Larimu Kencang Betul, Rupiah! Jadi Kepleset Kan... - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Apresiasi kencang yang dialami mata uang Tanah Air membuatnya rawan terkoreksi.

Pada Selasa (28/4/2020), US$ 1 setara dengan Rp 15.400 kala pembukaan pasar spot. Rupiah melemah 0,59 dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Dalam beberapa hari terakhir, rupiah kerap lolos dari lubang jarum. Dibuka melemah dan merah seharian, rupiah 'sprint' pada menit-menit perdagangan dan berhasil finis di jalur hijau.


Misalnya kemarin. Rupiah nyaris seharian melemah, tetapi pada pukul 14:55 WIB (lima menit sebelum tutup lapak) rupiah berhasil berbalik ke zona hijau dan menyelesaikan perdagangan dengan apresiasi 0,26% di hadapan dolar AS.
Hari ini, bukan tidak mungkin hal yang sama terulang. Akan tetapi, rupiah memang punya alasan untuk melemah. Bagaimana pun, rupiah sudah menguat sangat tajam sehingga rentan terserang aksi ambil untung (profit taking).

April boleh dibilang menjadi milik rupiah. Sejak awal bulan ini, rupiah sudah terapresiasi 5,46% di hadapan dolar AS.

Keuntungan yang didapat investor asing dari memegang rupiah tentu sudah lumayan besar. Oleh karena itu, suatu saat pasti akan tiba saatnya investor akan mencairkan keuntungan tersebut. Kala itu terjadi, rupiah akan tertekan karena aksi jual sehingga nilainya melemah.

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
April 28, 2020 at 09:10AM
https://ift.tt/2VFxVSC

Larimu Kencang Betul, Rupiah! Jadi Kepleset Kan... - CNBC Indonesia
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Larimu Kencang Betul, Rupiah! Jadi Kepleset Kan... - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.