Search

Aksi Demo Bikin Asing Keder, Dana Keluar Mencapai Rp 7 T - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Aksi demonstrasi mahasiswa yang terjadi hampir diseluruh provinsi di Indonesia meningkatkan kecemasan pelaku pasar terutama investor asing. Pada perdagangan kemarin, Selasa (24/9/2019), dana asing yang keluar hampir mencapai Rp 1 triliun.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, investor asing membukukan aksi jual bersih (net sell) hingga Rp 993,94 miliar di pasar reguler. Ini menambah tren dana asing yang keluar dalam sebulan terakhir yang tercatat mencapai Rp 7,15 triliun.

Banyaknya dana asing yang keluar pada perdagangan kemarin menjadi salah satu pemicu koreksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 1,1% menjadi 6.137,61. Koreksi tersebut merupakan yang terburuk di bursa saham Asia.


Aksi demonstrasi mahasiswa kemarin merupakan hari kedua dilakukan, yang pengesahan revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK), Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, dan Undang-Undang Pertanahan.

Kepala Riset PT Samuel Sekuritas Indonesia Suria Dharma mengatakan aksi demo yang berlangsung saat ini menjadi sentimen utama pergerakan indeks. Sebab, aksi yang dilakukan ini dinilai mengangkat isu yang sensitif.

"Kita [IHSG] turun sendirian [di Asia]. Jadi menurut saya karena faktor demo yang berpotensi berkepanjangan," kata Suria kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/9/2019).

Bursa saham utama di kawasan Asia kompak bergerak di zona hijau. Indeks Shanghai menguat 0,28%, indeks Hang Seng naik 0,22%, indeks Straits Times naik 0,39%, indeks Kospi menguat 0,45% dan indeks Nikkei naik tipis 0,09%.

Bursa saham kawasan Asia berhasil bangkit setelah diterpa tekanan jual di awal pekan. Kemarin, tekanan jual bagi bursa saham Asia datang dari memudarnya asa damai dagang AS-China.


Tak hanya karena faktor demo yang masih berlangsung, analis PT Royal Investium Sekuritas Janson Nasrial menambahkan bahwa hingga saat ini belum ada katalis positif dari perekonomian dalam negeri. Faktor ini menjadi salah satu sentimen yang membuat investor cabut dari dalam negeri.

Sepanjang tiga bulan kedua tahun 2019, BPS mencatat perekonomian hanya tumbuh sebesar 5,05% secara tahunan (year-on-year/YoY), jauh melambat dibandingkan capaian kuartal II-2018 kala perekonomian mampu tumbuh sebesar 5,27%.

Pertumbuhan ekonomi pada tiga bulan kedua tahun 2019 juga melambat jika dibandingkan capaian pada kuartal I-2019 yang sebesar 5,07%. Untuk periode semester I-2019, perekonomian Indonesia hanya tumbuh 5,06% YoY.

Untuk diketahui, kali terakhir investor asing membukukan beli bersih di pasar saham tanah air adalah pada tanggal 11 September 2019. Dalam periode 12-23 September, jual bersih investor asing di pasar reguler mencapai Rp 3,5 triliun.

Hari diperkirakan aktivitas demonstrasi mahasiswa masih akan dilakukan karena Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih melaksanakan rapat paripurna untuk mengesahkan sejumlah rancangan undang-undang.

BERLANJUT KE HAL 2 >>>

(hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
September 25, 2019 at 06:23AM
https://ift.tt/2lktjlL

Aksi Demo Bikin Asing Keder, Dana Keluar Mencapai Rp 7 T - CNBC Indonesia
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aksi Demo Bikin Asing Keder, Dana Keluar Mencapai Rp 7 T - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.