Search

Gigit Jari Bunga Bank Kecil, Simpan Uang Mending di Sini - detikFinance

Jakarta - Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI 7days reverse repo rate sudah turun hingga 75 basis poin (bps) dalam 3 bulan terakhir. Penurunan ini diikuti dengan menurunnya suku bunga penjaminan di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Dengan penurunan bunga acuan, perbankan biasanya mulai mengikuti dengan menurunkan suku bunga deposito. Apalagi dengan turunnya bunga penjaminan dipastikan suku bunga deposito bisa turun lebih cepat.

Kalau bunga simpanan di bank terus turun, sepertinya bisa cari instrumen tabungan lain yang menguntungkan. Di mana saja ya?

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menjelaskan dalam menyimpan dana atau investasi harus disesuaikan dengan karakter pemilik uang. Misalnya penerimaan risiko, tujuan berinvestasi, rencana jangka waktu hingga kemampuan yang dimiliki. Setiap orang dipastikan memiliki kriteria yang berbeda.
Namun jika ingin menyimpan uang dan mendapatkan keuntungan dengan risiko yang sesuai bisa memilih reksa dana. "Reksa dana bisa jadi pilihan, bila profil menanggung risikonya adalah konservatif atau moderat sebaiknya pilih reksa dana yang basisnya pasar uang, pendapatan tetap atau campuran," ujar dia saat dihubungi detikcom, Selasa (24/9/2019).

Kemudian emas atau logam mulia juga bisa menjadi salah satu alternatif yang cocok untuk pemilik dana yang ingin berinvestasi secara aman.

Minaret Andy, hal ini karena emas memiliki risiko konservatif atau moderat. "Karena harga emas bisa dibilang tidak pernah turun untuk jangka panjang, meskipun presentase kenaikan harganya pelan, hal tersebut bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi investornya," jelas dia.

Gigit Jari Bunga Bank Kecil, Simpan Uang Mending di Sini

Simak Video "Sidang Gugatan MAKI ke KPK soal Bank Century Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
September 24, 2019 at 03:05PM
https://ift.tt/2mnqh04

Gigit Jari Bunga Bank Kecil, Simpan Uang Mending di Sini - detikFinance
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gigit Jari Bunga Bank Kecil, Simpan Uang Mending di Sini - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.