Search

OJK: Banyak Masyarakat Pakai Kartu Kredit Tapi Tak Paham - detikFinance

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut saat ini tingkat pemahaman masyarakat di Indonesia masih rendah dengan literasi sekitar 25-26%. Namun untuk inklusi keuangan atau menggunakan produk keuangan sudah mencapai 70%

Direktur Pelayanan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Agus Fajri Zam menceritakan OJK sebagai regulator berupaya untuk memberikan pengetauhan dan edukasi kepada masyarakat.

"Tapi aneh bin ajaib, kita sudah edukasi dan literasi ke masyarakat untuk memberikan pemahaman. Supaya melek keuangan semuanya, tapi inklusinya 70% dan literasinya 26%," kata Agus dalam acara Fintech Summit & Expo di JCC, Jakarta, Senin (23/9/2019).


Dengan rendahnya literasi tersebut, Agus menyebut ada masyarakat yang menggunakan produk keuangan namun tidak memahami cara kerjanya.

"Artinya mereka suka pakai, tapi tidak mau tahu apa yang dipakai, celakanya pakai kartu kredit atau asuransi tapi tidak mengerti apa yang dia tandatangani," ujar Agus.

Menurut dia banyak masyarakat yang tak memahami dan baru menyadari aturan main produk saat ia sudah menggunakan produk tersebut. Hal ini terjadi karena banyak pengguna yang tidak membaca kontrak dengan seksama saat perjanjian pinjaman.

"Tak heran banyak pengguna yang di tengah jalan baru ngeh produk keuangannya. 'Oh ini begini ya' padahal di kontrak sudah ditanda tangani, tapi dia tidak mengerti karena tak mau baca," ujarnya.


Agus menceritakan, saat ini kebanyakan pengguna yang menemui masalah dalam produk keuangan selalu mengadu ke OJK untuk penyelesaian. Padahal, dalam kontrak atau perjanjian yang mengikat para pihak harus menyelesaikan sendiri dan tak ada satu orangpun yang bisa ikut campur.

Sehingga jika ada perjanjian utang dan pembayarannya, maka tak ada orang lain yang bisa membantu untuk menghilangkan isi perjanjian. Kecuali ada kesepakatan untuk pembatalan.

Simak Video "1.230 Fintech Ilegal Dibekukan Selama Tahun 2018-2019"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
September 23, 2019 at 05:36PM
https://ift.tt/2ldAEDx

OJK: Banyak Masyarakat Pakai Kartu Kredit Tapi Tak Paham - detikFinance
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "OJK: Banyak Masyarakat Pakai Kartu Kredit Tapi Tak Paham - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.