Search

Truk Besar Dilarang! Tol Layang Cikampek untuk Mobil Kecil - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II ditargetkan bisa operasi November 2019. Pengelola tol ini berharap kendaraan yang melintas bukan kendaraan besar.

Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani mengusulkan Tol Layang Japek II digunakan hanya untuk kendaraan golongan I. Catatan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) golongan I mencakup Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, Bus, termasuk Minibus macam MPV. Sedangkan kendaraan truk dengan gandar 2 sampai 5 diharapkan tak bisa melintasi.

"Secara struktur tol ini bisa dilewati seluruh golongan kendaraan, namun pertimbangannya adalah faktor safety karena masih banyaknya truk over dimension over load (ODOL) kecepatannya sangat pelan, risiko pecah ban dan seterusnya," kata Desi seperti dikutip dari laman Setkab, Jumat (20/9).

Jalur Tol Layang Cikampek memisahkan antara arus lalu lintas (lalin) jarak pendek dengan arus lalin jarak jauh. Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh menggunakan Tol Layang Japek II.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) diharapkan akan bisa beroperasi pada akhir November 2019 sehingga bisa turut memperlancar arus mudik Natal dan tahun baru 2020. Progres konstruksi tol sepanjang 36,4 Km tersebut saat ini sudah mencapai 96,5%.

"Pada 23 September 2019 akan dimulai uji beban sehingga kita rencanakan pada November 2019, Insya allah bisa operasional," kata Menteri PUPR Basuki  Hadimuljono.

Menurut Menteri PUPR, pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II itu merupakan pekerjaan besar. Ada sekitar 9.000 tiang pancang yang dibuat dalam pembangunan tol ini, sehingga menjadikan tol Layang Japek II ini juga akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

"Tol ini juga diawasi oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ)," tegas Basuki. (hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
September 20, 2019 at 06:02PM
https://ift.tt/30xqbRN

Truk Besar Dilarang! Tol Layang Cikampek untuk Mobil Kecil - CNBC Indonesia
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Truk Besar Dilarang! Tol Layang Cikampek untuk Mobil Kecil - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.