Search

Evakuasi WNI, Lion Air Klaim Pesawatnya Miliki Filter Anti Virus - Tempo

TEMPO.CO, Tangerang - Pemerintah menggandeng Batik Air yang termasuk dalam Lion Air Grup guna mengevakuasi 245 WNI di Wuhan Cina. Presiden Direktur Lion Air Grup Edward Sirait mengklaim pesawat Airbus A330-300 yang digunakan untuk mengevakuasi warga Indonesia tersebut bisa menangkal penyebaran Virus Corona.

"Perlu kami informasikan pesawat ini juga punya hepa cabin air filter. Jadi udara yang di sini diputar, nanti disaring oleh alat yang disiapkan oleh pabrik pesawat Airbus. Virus apapun, baik bakteri maupun Corona akan mati dengan sendirinya," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu, 1 Februari 2020.

Sementara itu untuk kapasitas pesawat, kata Edward bisa menampung hingga sekitar 400 orang dengan terdiri dari 392 tempat duduk penumpang, dan dapat menempuh Indonesia menuju Wuhan hanya dalam waktu enam jam perjalanan.

"Target kita mungkin flight 6 jam, kalau padet, bisa saja holding. Kalau nggak padet bisa langsung landing. Situasional saja," ujarnya.

Ia menjelaskan, sekembalinya pesawat tersebut dari Wuhan, maka akan langsung dikarantinakan selama 14 hari guna dilakukan pembersihan dan sterilisasi seluruh bodi pesawat.

"Pesawat akan kami bersihkan dalam waktu kurang lebih 14 hari. Jadi pesawat ini pun kami bersihkan, kami semprot desinfektan, juga proses sterilisasi dan juga perawatan. Pesawat baru akan digunakan kalau dalam kondisi bersih," ujarnya.

Kemudian bagi kru kabin, Edward menuturkan, akan diberangkatkan dua set pilot dengan sembilan awak kabin. Kemudian para kru akan menggunakan pakaian khusus yang telah disiapkan oleh Kementerian Kesehatan.

"Kami sudah diberikan seragam khusus oleh Kemenkes dan akan kami pakai dalam melakukan proses penerbangan dan selama penerbangan. Kru ini nantinya akan memakai seragam ini sehingga mereka terproteksi dari virus yang ada," ucapnya.

Sabagai informasi, bahwa pemerintah telah mengirim  tim evakuasi yang terdiri dari 42 orang guna memastikan semua prosedur berjalan baik, dari protokol hingga kesehatan. Sehingga proses evakuasi 245 WNI yang masih ada di Wuhan, Cina bisa berjalan lancar.

 

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
February 01, 2020 at 04:10PM
https://ift.tt/2UjATMy

Evakuasi WNI, Lion Air Klaim Pesawatnya Miliki Filter Anti Virus - Tempo
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Evakuasi WNI, Lion Air Klaim Pesawatnya Miliki Filter Anti Virus - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.