Search

Ada Dampak Positif Buat Ekonomi RI di Balik Wabah Corona, Apa Itu? - Detikcom

Bandung -

Virus Corona alias Covid-19 diramal menjadi penyebab utama melambatnya perekonomian dalam negeri. Bank Indonesia (BI) bahkan telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi pada 2020 menjadi 5-5,4% dari perkiraan semula 5,1-5,5%.

Meski demikian, wabah ini disebut membawa dampak positif tersendiri bagi ekonomi Indonesia. Menurut Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI IGP Wira Kusuma, salah satu dampak positif yang bisa didapatkan Indonesia dari pandemik tersebut adalah terbukanya peluang pasar ekspor baru selain China.

"Dalam suatu ketidakpastian selalu ada hal baik di belakangnya, itu semua tergantung pada bagaimana kita merespons hal tersebut. Itu yang paling penting. Terkait wabah ini, ekspor kita ke China memang berkurang, tapi ada tujuan ekspor lain yang sifatnya non tradisional, Ini yang bisa kita kembangkan. Jadi tantangan-tantangan ini akan memaksa kita untuk berinovasi mencari kesempatan-kesempatan yang lain," ujar Wira dalam Pelatihan Wartawan BI di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Sabtu (29/2/2020).

Hal positif lain yang juga bisa dipetik dari fenomena tersebut adalah peluang memperkuat ekonomi dalam negeri. Di saat-saat seperti ini, pemerintah dipaksa memprioritaskan untuk senantiasa fokus memperkuat daya beli di dalam negeri ketimbang menarik keuntungan dari luar negeri.

"Dari sisi ekspor eksternal seperti kondisi sekarang oleh Covid-19 ini kita mungkin tidak terlalu mengandalkan pertumbuhan ekonomi dari sisi eksternal. Lalu bagaimana? Ya permintaan domestiknya yang kita optimalkan benar-benar. Bagaimana menjaga konsumsi. Konsumsi seperti apa? Inflasi kita jaga, daya beli kita jaga. BI ada di sana terdepan menjaga stabilitas tersebut," sambungnya.

Momentum ini juga bisa dimanfaatkan sebagai koreksi agar ke depan investasi bisa stabil meski perekonomian global tengah terguncang . Salah satunya lewat reformasi struktural yang kini tengah digodok pemerintah lewat Omnibus Law.

"Bagaimana menjaga investasi? Ada Omnibus Law, ada proyek-proyek infrastruktur. Kita lakukan itu dengan baik. Itu akan menciptakan investasi yang bagus. Jadi permintaan domestik akan terjaga meskipun ekspornya seperti itu," katanya.

Terakhir, penyebaran wabah ini dianggap menjadi peluang bagi Indonesia untuk memperkuat sektor manufaktur.

"Kita bicara manufaktur, dengan adanya ini, ekspor komoditas kita jadi terdampak signifikan. Ini kan memaksa kita bahwa manufaktur harus diperkuat yang memberi nilai tambah. Hal semacam itu tantangan tersebut akan membuat, memaksa kita berinovasi dan kita akan mencari peluang-peluang di tempat lain. Ini bisa membuat kita survive," tutupnya.

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
February 29, 2020 at 10:30PM
https://ift.tt/2uIfORx

Ada Dampak Positif Buat Ekonomi RI di Balik Wabah Corona, Apa Itu? - Detikcom
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Dampak Positif Buat Ekonomi RI di Balik Wabah Corona, Apa Itu? - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.