Search

Yang Mau Diskon Tiket Pesawat 50%, Catat Nih! - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Diskon tiket pesawat terbang sampai 50% segera berlaku mulai 1 Maret 2020. Diskon ini akan dibagikan dalam bentuk voucher yang disalurkan melalui masing-masing maskapai yang memiliki rute ke 10 destinasi.

Demikian dijelaskan Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Budi Prayitno di kantornya, Jumat (28/2/20).

Dia juga menggarisbawahi bahwa voucher ini dibatasi dengan kuota 25% dari total kapasitas maksimal tiap penerbangan.


"Skemanya dalam bentuk voucher. Voucher yang mengeluarkan dari pihak airline, nanti reimburse ke direktorat angkutan udara. Sudah sepakat untuk setiap minggu melakukan rekonsiliasi dokumen untuk reimburse," kata Budi Prayitno.

[Gambas:Video CNBC]

Nantinya, para penumpang bisa langsung mengakses voucher tersebut melalui mekanisme pembelian tiket seperti biasa. Penumpang langsung diberi harga diskon sampai kuota terpenuhi.

"First come first serve. Misalnya kalau Jakarta ke Batam sudah habis, akan kembali harga normal. Makanya dikeluarkan voucher kode tertentu. Berbeda-beda kuotanya, Garuda atau Lion dari mana saja, kalau sudah habis kembali normal. Nggak mungkin sama tergantung per airline masing-masing," bebernya.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan tim IT dari semua airline terkait teknik distribusi voucher ini. Nantinya, jatah diskon juga dibagi secara proporsional kepada maskapai.

Selain itu, pemerintah akan menetapkan single tarif untuk penentuan harga diskon ini. Artinya, khusus untuk rute yang didiskon, selama kuota masih tersedia, maka harga yang dipakai mengacu pada single tarif ini. Bukan lagi pada tarif batas atas (TBA) atau tarif batas bawah (TBB).

Hal ini dilakukan agar maskapai tidak seenaknya memainkan harga untuk memenuhi kuota diskon. Namun, jika kuota diskon sudah habis, maka sisa kapasitas yang akan dijual maskapai dikembalikan lagi acuannya ke TBA dan TBB.

Skema diskon tiket penerbangan bagian dari insentif pemerintah untuk meringankan dampak virus corona bagi sektor penerbangan dan pariwisata. (hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
February 28, 2020 at 05:23PM
https://ift.tt/2wfFzJc

Yang Mau Diskon Tiket Pesawat 50%, Catat Nih! - CNBC Indonesia
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Yang Mau Diskon Tiket Pesawat 50%, Catat Nih! - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.