Search

Riwayat Raja Solo Pakubuwono X dan Mobil Mewah Benz Victoria Phaeton - Solopos

Begini riwayat Pakubuwono X dan mobil mewah Benz Victoria Phaeton.
Diterbitkan Minggu, 9/02/2020 - 14:30 WIB
oleh Solopos.com/Chelin Indra Sushmita
1 menit baca

Solopos.com, SOLO – Mobil pertama yang dimiliki orang Indonesia, Benz Victoria Phaeton, segera dipulangkan. Mobil milik Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Pakubuwono X, itu kini disimpan di Museum Louwman, Belanda.

Benz Victoria Phaeton merupakan mobil roda empat pertama yang dimiliki kaum pribumi. Dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (9/2/2020), Pakubuwono X memesan mobil tersebut dari Eropa dengan harga 10.000 Gulden pada 1894.

Butuh waktu setahun bagi Mercedes-Benz menyelesaikan mobil pesanan Pakubuwono X. Sebab, mobil tersebut dibuat sesuai desain yang diinginkan Pakubuwono X.

Benz Victoria Phaeton merupakan salah satu mobil termewah di zamannya. Sebab, kendaraan sultan dan pejabat di masa kolonial Belanda mayoritas menggunakan kereta kuda.

Pakubuwono X memesan mobil tersebut setelah melihat masinis asal Inggris, John C. Potter membawa sepeda motor dari Jerman ke Indonesia pada 1883. Konon, dia tak ingin kalah mewah hingga akhirnya memesan mobil tersebut ke pabrikan otomotif Jerman.

Kini, mobil yang dianggap sarat nilai sejarah itu menjadi salah satu benda koleksi di Museum Louwman, Belanda. Pemerintah Indonesia berencana memulangkan mobil tersebut. Kepala Museum Nasional, Siswanto, mengatakan, pemerintah berupaya membawa kembali benda bersejarah tersebut.

Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja

Iklan Baris

Update

Ibukota Kita

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
February 09, 2020 at 02:30PM
https://ift.tt/2unNjbJ

Riwayat Raja Solo Pakubuwono X dan Mobil Mewah Benz Victoria Phaeton - Solopos
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Riwayat Raja Solo Pakubuwono X dan Mobil Mewah Benz Victoria Phaeton - Solopos"

Post a Comment

Powered by Blogger.