Search

Baru Nih: Gojek, Grab, hingga Powerbank Masuk Hitungan Inflasi - Detikcom

Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan pemutakhiran tahun dasar indeks harga konsumen (IHK) berdasarkan survei biaya hidup (SBH). SBH 2018 berisi mengenai penjelasan ringkas mengenai IHK, inflasi, dan hasil SBH 2018.

IHK merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur inflasi. Sederhananya, inflasi merupakan kenaikan harga yang terjadi secara umum dalam jangka waktu tertentu.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan penghitungan inflasi dan nilai tukar petani (NTP) menggunakan tahun dasar 2018. Jumlah kota yang disurvei juga berubah dari 82 menjadi 90 mencakup 34 ibu kota provinsi dan 56 kabupaten/kota.

"Yang berubah dulu 82 kota, mulai Januari 2020 90 kota," kata Suhariyanto di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020).

BPS memasukkan sejumlah komoditas baru dalam menghitung inflasi mulai awal 2020, seperti aksesoris handphone, powerbank, jasa penitipan anak. Bahkan pengeluaran transportasi Grab dan Gojek juga masuk dalam hitungan.

"Banyak komoditas baru termasuk transportasi Grab dan Gojek, itu untuk mengetahui pola konsumsi terkini, ini biasa dilakukan 5 tahun sekali," ujarnya.

Simak Video "Dulu Dikira Jualan Powerbank, Siapa Sangka Vivo Kini Laris Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/fdl)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
February 03, 2020 at 11:56AM
https://ift.tt/37Uhx4j

Baru Nih: Gojek, Grab, hingga Powerbank Masuk Hitungan Inflasi - Detikcom
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Baru Nih: Gojek, Grab, hingga Powerbank Masuk Hitungan Inflasi - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.