Search

Pertumbuhan Ekonomi RI di Bawah 5%, Halo Pemerintah ke Mana? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia boleh dibilang mengecewakan. Pada kuartal terakhir 2019, ekonomi Tanah Air tumbuh di bawah 5%.

Hari ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi terbaru, Pada kuartal IV-2019, pertumbuhan ekonomi tercatat 4,97% year-on-year (YoY). Di bawah konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia yaitu 5,04% sekaligus menjadi catatan terendah sejak kuartal IV-2016.


Dari sisi pengeluaran, seperti diduga ekspor dan investasi belum bisa tumbuh sesuai harapan. Pada kuartal IV-2019, ekspor tumbuh negatif alias terkontraksi 0,39% YoY sementara investasi atau Penanaman Modal Tetap Bruto (PMTB) hanya tumbuh 4,06%.

Kinerja ekspor menjadi yang terburuk dalam dua kuartal terakhir. Sedangkan investasi lebih parah lagi, lajunya paling lemah sejak 2015.

Kalau ini memang sulit dihindari, faktor eksternal memberi warna yang sangat kental. Situasi global pada 2019 memang penuh gonjang-ganjing. Tahun lalu, perang dagang Amerika Serikat (AS) vs China sedang panas-panasnya.

AS dan China saling hambat perdagangan dengan mengenakan berbagai bea masuk. Total AS mengenakan bea masuk terhadap importasi produk China senilai US$ 360 miliar dan China membalas dengan membebankan bea masuk kepada produk made in the USA senilai lebih dari US$ 110 miliar.

Walau yang 'bertempur' adalah AS dan China, tetapi dunia merasakan getahnya. Globalisasi membuat perekonomian dunia saling terhubung, apa yang terjadi di suatu negara bakal mempengaruhi yang lainnya.

[Gambas:Video CNBC]


Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
February 05, 2020 at 01:06PM
https://ift.tt/2Sl1W7p

Pertumbuhan Ekonomi RI di Bawah 5%, Halo Pemerintah ke Mana? - CNBC Indonesia
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertumbuhan Ekonomi RI di Bawah 5%, Halo Pemerintah ke Mana? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.