Search

Cerita Mobil Nasional Turki yang Kandas 60 Tahun Lalu - Detikcom

Jakarta - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara resmi membuka selubung prototipe dari mobil listrik nasional pertamanya pada Desember 2019. Namun perjalanan panjang untuk membuat mobnas dimulai dengan Devrim (Revolusi) di 1961.

Keinginan Turki untuk memiliki mobil nasional sudah ada sejak era kepemimpinan Cemal Gürsel. Devrim menjadi mobil pertama yang dikembangkan dan diproduksi Turki sendiri. Menjadi simbol dan mimpi di awal tahun 1960-an untuk membuktikan bahwa Turki dapat memproduksi seluruh mobil di dalam negeri.

Pada Juni 1961, Cemal Gürsel mengumumkan misinya untuk mengembangkan mobil berdiri di atas kaki sendiri, ia kemudian bertemu dengan Militer Turki untuk membuat mobil yang cocok di jalan raya.


Misi mobil nasional tersebut akhirnya dijalankan oleh National Railways of The Republic of Turkey (TCDD). Sebuah tim yang dipaksa untuk membuat mobil nasional dalam waktu yang sangat pendek. Baik dari desain, mesin hingga girboks sekalipun.

Yap, jangka waktu yang diberikan bahwa mobil harus selesai pada 29 Oktober 1961, tepat di hari perayaaan Republik Turki. Dalam kata lain, tim harus membuat mobil nasional dalam waktu 4,5 bulan. Projek ini kemudian dipimpin oleh Insinyur Emnin Bozoglu.

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
December 30, 2019 at 01:53PM
https://ift.tt/2MDQzp4

Cerita Mobil Nasional Turki yang Kandas 60 Tahun Lalu - Detikcom
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Mobil Nasional Turki yang Kandas 60 Tahun Lalu - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.