Search

Restruktukturisasi aset, Jiwasraya akan lepas koleksi saham undervalue tahun depan - Kontan

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan opsi penyelamatan Asuransi Jiwasraya, salah satunya dengan melakukan restrukturisasi aset dengan menjual aset perusahaan seperti saham yang ada di bawah nilai seharusnya atau undervalue.

Adapun penjualan saham undervalue itu dilakukan ketika nilainya sudah mencapai Rp 5,6 triliun. Sementara itu, sampai September 2019, nilai aset saham milik asuransi pelat ini terus turun dan di angka Rp 2,48 triliun.

“Saham-saham yang sekarang undervalue, akan dijual nantinya ketika nilainya mencapai Rp 5,6 triliun. Jadi bukan sekarang jualnya,” kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada Kontan.co.id, Jumat (27/12).

Baca Juga: Kementerian BUMN: Pernah beli saham ABBA milik Erick Thohir, Jiwasraya raup cuan

Maka itu, pihaknya masih menunggu penjualan saham tersebut sampai bernilai Rp 5,6 triliun dengan tetap mempersiapkan langkah lainnya melalui pembentukan Jiwasraya Putra dan Holding Asuransi.

Arya memperkirakan salah satu saham terbesar yang digenggam Jiwasraya adalah PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM). 

Kementerian BUMN masih menunggu dan meneliti saham-saham mana saja akan dilepas. Harapannya, nilai saham tersebut jangan terlalu rendah sehingga bisa dijual di harga Rp 5,6 triliun.

Adapun restrukturisasi aset tersebut akan dilakukan secara bertahap. Ada yang dilakukan pada kuartal I-2020 hingga hingga kuartal II-2020.

Dana penjualan saham tersebut, salah satunya untuk pembayaran klaim jatuh tempo nasabah. Nantinya Jiwasraya lebih memprioritaskan pembayaran nilai pokok klaim nasabah lebih dulu dan tidak termasuk bunga pokok.

Adapun total liabilitas produk JS Saving Plan per November 2019 sebesar Rp 15,75 triliun.

“Jadi total pokok uang yang dibutuhkan Rp 15,75 triliun yang akan kembali ke para nasabah,” tambahnya.

Dari Rapat Dengar Pendapat DPR dan Manajemen Jiwasraya Kamis (16/12) terkuak penyebab gagal bayar Jiwasraya ke nasabah. 

Direktur Utama Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko menjelaskan penyebab gagal bayar tersebut karena adanya kesalahan startegi investasi dari manajemen lama.

Manajemen lama lebih banyak investasi ke instrumen yang berisiko tinggi dan tidak likuid demi mengejar imbal hasil tinggi tanpa mempertimbangkan risiko. 

Baca Juga: Kementerian BUMN menargetkan hasil penjualan Jiwasraya Putra mencapai Rp 3 triliun

Pada Desember 2017, 52,68% investasi ke saham dan reksadana saham. Sedangkan obligasi dan reksadana tetap hanya 18,12%.

“Investasi saat itu tidak memenuhi ketentuan portofolio yang diwajibkan OJK dalam mempertimbangkan kualitas aset secara tinggi. Pada Desember 2017 mestinya investasi 30% dalam bentuk government bond, tapi ini malah lari ke saham semua jadi tidak memenuhi ketentuan,” keluh Hexana.

Sialnya lagi, portofolio investasi saat itu ditaruh ke saham berkualitas rendah tapi tidak dilengkapi manajemen investasi yang memadai. 
Menurut Hexana, dalam laporan keuangan 2017 Jiwasraya mencatatkan laba Rp 2,4 triliun namun setelah diaudit terdapat kekurangan cadangan mencapai Rp 13 triliun.

“KAP PWC belum melihat secara detil melihat dari sisi aset, sehingga ada pos-pos anggaran yang tidak bisa dijelaskan,” katanya.

Artinya, opini PWC menunjukkan bahwa ada cadangan dan pos-pos yang belum dijelaskan secara memadai sesuai standar asuransi sehingga harus diperbaiki pada tahun berikutnya.




Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
December 28, 2019 at 07:00AM
https://ift.tt/351uxmF

Restruktukturisasi aset, Jiwasraya akan lepas koleksi saham undervalue tahun depan - Kontan
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Restruktukturisasi aset, Jiwasraya akan lepas koleksi saham undervalue tahun depan - Kontan"

Post a Comment

Powered by Blogger.