Search

Resmi, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Berwarna Biru - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Korps Lalu Lintas ( Korlantas) Polri memberikan warna khusus bagi kendaran listrik melalui Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ( TNKB) atau pelat nomor, segera terealisasi.

Menurut Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Brigjen Pol Halim Pagarra, pemberian warna dilakukan Polri yang merupakan lembaga yang melakukan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, termasuk kendaraan bermotor listrik (KBL).

"Polri memberikan penandaan pada TNKB KBL berbasis baterai berupa warna biru pada ruang masa berlaku. TNKB sesuai peruntukan kendaraan listrik tersebut," ucap Halim saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Ibu Kota Baru Bakal Adopsi Kendaraan Listrik dan Otonomos

Lebih lanjut Halim menjelaskan bila penentuan tanda melalui warna di pelat nomor untuk kendaraan listrik sudah melalui pembahasan focus group discussion (FGD) dan kajian.

Hal tersebut juga dilakukan tanpa merubah Peraturan Kapolri (Perkap). Regulasi tetap berdasarkan Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pelat nomor kendaraan listrik akan diberikan warna biru pada ruang masa berlakuPolri Pelat nomor kendaraan listrik akan diberikan warna biru pada ruang masa berlaku

Pemberian warna khusus pada kendaraan listrik, menurut Halim menjadi salah satu upaya Polri dalam mendukung Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik (KBL) berbasis baterai untuk transportasi jalan.

Baca juga: Pelat Nomor Khusus Kendaraan Listrik Diputuskan Sebentar Lagi

"Adanya perbedaan warna, akan menjadi penanda bagi instansi lain sebagai contoh untuk bebas parkir, bebas masuk kawasan ganjil genap, dan sebagainya," ucap Halim.

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
January 29, 2020 at 07:42AM
https://ift.tt/2RCM418

Resmi, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Berwarna Biru - Kompas.com - KOMPAS.com
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Resmi, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Berwarna Biru - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.