Search

Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Sindoro Ditutup

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran menghanguskan hutan dan lahan di kawasan Gunung Sindoro, Kabupaten Wonosobo dan Temanggung, Jawa Tengah. Akibatnya, jalur pendakian di gunung tersebut ditutup.

"Perhutani menutup semua jalur pendakian Gunung Sindoro terhitung pada 8 September 2018 hingga belum ada batas waktu yang ditentukan," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan singkatnya, Minggu (9/9/2018).

Menurut dia, musim kemarau menyebabkan semak belukar kering dan mudah terbakar. Namun, lanjut dia, alam tidak akan membakar dirinya.

"Sebagian besar penyebab kebakaran hutan dan lahan bukan dari alam," kata Sutopo.

Dia mengatakan, pemadaman terus dilakukan secara manual oleh petugas BPBD Temanggung, Perhutani, relawan dan masyarakat. Kebakaran sulit dipadamkan karena terbatasnya air dan peralatan. Lokasi kebakaran juga berada di lereng-lereng gunung yang sulit dijangkau.

"Angin bertiup kencang sehingga api cepat merambat. Masyarakat khususnya pendaki diminta mentaati penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro," ujar Sutopo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pemandangan unik terjadi di Gunung Sindoro, cahaya matahari seakan terbelah dua dan terpisah oleh gunung.

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya gak lengkap buka link disamping buat baca berita nya https://www.liputan6.com/news/read/3640242/kebakaran-hutan-jalur-pendakian-gunung-sindoro-ditutup

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Sindoro Ditutup"

Post a Comment

Powered by Blogger.