Search

BNPB Ungkap Gempa Susulan di NTB Terjadi 276 Kali

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih terjadi gempa susulan. Gempa berkekuatan 6,4 skala richter sempat mengguncang Lombok pada Minggu 29 Juli.

"Gempa susulan terus berlangsung, sampai tadi pagi sebanyak 276 kali gempa susulan, dengan intensitas kecil, ini wajar. Lempeng atau sesar akan lepaskan energinya, yang kita kenal dengan gempa dengan intensitas lebih kecil," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (30/7/2018).

Kendati demikian, dirinya pun memastikan gempa tersebut tak akan berdampak hingga sampai terjadinya Tsunami. Karena timbulnya tsunami jika gempa berkekutan mulai dari 7 skala richter hingga lebih.

"Gempa dipicu karena sesar naik Flores yang memanjang dari laut Arafuru sampe Selat Bali. Mengapa tidak membangkitkan tsunami? Tsunami akan diaktivasi oleh BMKG ketika gempa di atas 7 skala richter kedalaman kurang dari 20 km dan berada di laut terutama di daerah. Gempa kemarin tidak menyebabkan tsunami," jelas Sutopo.

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya gak lengkap buka link disamping buat baca berita nya https://www.liputan6.com/news/read/3604905/bnpb-ungkap-gempa-susulan-di-ntb-terjadi-276-kali

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BNPB Ungkap Gempa Susulan di NTB Terjadi 276 Kali"

Post a Comment

Powered by Blogger.