Search

TNI Bikin Hujan Buatan Cegah Asap Kebakaran Hutan Ganggu Asian Games

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera Selatan menjadi salah satu perhatian pengamanan Asian Games 2018. TNI telah menyiapkan peralatan untuk membuat hujan buatan agar pelaksanaan Asian Games di Palembang tidak terganggu asap kebakaran hutan.

"Hari ini kita sudah datangkan pesawat dengan berapa peralatan untuk melaksanakan TMC, teknologi modifikasi cuaca," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Balai Pertemuan Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terdapat siklon di atas wilayah Filipina yang dapat dimanfaatkan untuk membuat hujan buatan di Indonesia.

"Kita tangkap dan semai supaya terjadi hujan di wilayah Sumsel," ucap Hadi.

Kendati begitu, usaha hujan buatan juga tetap didukung dengan operasi darat. Upaya dari darat itu berupa pemantauan terhadap timbulnya titik api.

Personel akan memantau alat yang dipasang di setiap wilayah untuk memonitor kebasahan lahan gambut yang rawan kering.

"Kalau gambut sudah mulai kering maka akan mengeluarkan sinyal dan sebelum adanya api gambut tersebut akan kita basahi dengan pelaksanaan penyiraman oleh anggota TNI, Polri, dan dibantu dengan komponen lainnya," tutur Hadi.

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya gak lengkap buka link disamping buat baca berita nya https://www.liputan6.com/news/read/3604478/tni-bikin-hujan-buatan-cegah-asap-kebakaran-hutan-ganggu-asian-games

Bagikan Berita Ini

0 Response to "TNI Bikin Hujan Buatan Cegah Asap Kebakaran Hutan Ganggu Asian Games"

Post a Comment

Powered by Blogger.